Home Gaya Hidup Berapa Hari Lagi Kita Puasa 2024? Sudah Masuk Syaban, Hitung Mundur Menuju...

Berapa Hari Lagi Kita Puasa 2024? Sudah Masuk Syaban, Hitung Mundur Menuju Ramadhan!

0

Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia. Selama bulan ramadhan, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa dan dapat memperbanyak amalan ibadah selama bulan ramadhan. Lantas berapa hari lagi kita puasa 2024?

Puasa Ramadhan akan tiba pada bulan Maret sampai April 2024. Berdasarkan prediksi sementara rukyatul hilal global, termuat dalam kalender hijriah yang disusun oleh Alhabib, kelnder hijriah-Masehi, awal puasa ramadhan akan jatuh pada 12 Maret 2024. Berdasarkan acuan tersebut, jika dihitung mundur berapa hari lagi kita puasa?

Saat ini, memasuki tanggl 11 Februari 2024. Jika dihitung menuju tanggal 12 Maret 2024, kita akan butuh hanya kurang lebih 30 hari lagi. Itu artinya, dalam tiga puluh hari ke depan, kita akan segera melaksanakan puasa ramadhan.

Berdasarkan kalender Hijriah Indonesia tahun 2024, terbitan Kementerian Agama RI, berikut jadwal puasa ramadhan 2024.

1 Ramadan: 12 Maret 20242 Ramadan: 13 Maret 20243 Ramadan: 14 Maret 20244 Ramadan: 15 Maret 20245 Ramadan: 16 Maret 20246 Ramadan: 17 Maret 2024…

Penetapan resmi pelaksanaan puasa ramadhan 1445 H di Indonesia biasanya melalui sidang isbat yang digelar oleh Kemenag. Seperti yang sudah berlangsung sejauh ini, pelaksanaan sidang isbat akan digelar di hari terakhir bulan syaban atau pada tanggal 29 syaban. Mengacu kepada kalender Hijriah 1445 H/2024 Masehi, tanggal 29 Syaban 1445 Hijriah akan jatuh pada tanggal 10 Maret 2024 mendatang.

Untuk menyambut bulan ramadhan, kita dapat meningkatkan amalan sunah di bulan Syaban. Adapun amalan sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan syaban antara lain:

1. Melaksanakan ibadah puasa
Amalan puasa di bulan syaban akan melatih kita menjadi seseorang yang lebih siap untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Selain itu, Nabi Muhammad saw berkata bulan syaban adalah bulan di mana amalan kita dilaporkan kepada Allah Swt. Nabi suka jika amalannya dilaporkan saat ia sedang puasa.

2. Memperbanyak membaca Al-Qur’an
Memulai bacaan Al Qur’an sejak bulan sya’ban akan meningkatkan peluang kita mencapai khatam di bulan Ramadhan. Di samping itu, memperbanyak baca Al Qur’an sama seperti menyirami amalan-amalan kita sebelumnya agar semakin besar pahala yang kita peroleh sampai bulan ramadhan.

3. Memperbanyak bacaan shalawat
Membaca shalawat akan membuat kita menjadi semakin dekat dengan ruh Nabi Muhammad saw dan kita berpeluang mendapatkan syafaat atau perlindungan dari Nabi Muhammad saw. Kita juga akan mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari Allah Swt, sebab Allah akan bershalawat kepada seseorang yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw.

4. Membayar hutang puasa
Bulan syaban bisa menjadi kesempatan emas untuk membayar hutang puasa ramadhan di tahun sebelumnya. Bulan syaban juga merupakan kesempatan terakhir bagi seseorang untuk membayar hutang puasa ramadhan sebelumnya, sebab setelah bulan syaban selesai, kita akan memasuki bulan ramadhan.

5. Memperbanyak istighfar dan memanjatkan doa taubat
Penting untuk umat Islam memperoleh ampunan dari Allah Swt sebelum memasuki bulan ramadhan. Agar amalan ibadah kita diterima oleh Allah Swt, kita harus menyampaikan pertaubatan yang tulus kepada Allah Swt. Dengan pertaubatan yang tulus, hati kita jadi lebih tenang untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Ketulusan akan membuat kita menjadi semakin nyaman melaksanakan amalan-amalan ibadah lain di bulan Ramadhan, sehingga perjalanan kita menuju surga menjadi lebih mudah.

Demikian itu uraian singkat berapa hari lagi kita puasa 2024. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Mutaya Saroh

Source link

Exit mobile version