Home Gaya Hidup Awal Puasa Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

Awal Puasa Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

0

Suara.com – Umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, akan segera memulai ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah. Bulan suci Ramadan adalah saat yang dinantikan. Jadi, kapan dimulainya 1 Ramadan 2024?

Ada dua cara untuk menentukan awal puasa Ramadan. Pertama, dengan menggunakan metode hisab (perhitungan bulan). Kedua, dengan rukyatul hilal (melihat munculnya bulan).

Organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Penetapan awal Ramadan tersebut diatur dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Dalam menetapkan awal Ramadan, Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal. Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang diikuti oleh Majelis Tarjih dan Tajdid pada 29 Syaban 1445 Hijriah yang jatuh pada tanggal 10 Maret 2024, ijtimak menjelang Ramadan 1445 Hijriah terjadi pukul 16.07.42 WIB.

Hilal sudah terlihat saat Matahari terbenam di Yogyakarta dan wilayah Indonesia lainnya kecuali Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Lalu, kapan awal Ramadan versi Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah?

Awal Ramadan 1445 Hijriah versi NU dan Pemerintah baru akan ditentukan melalui sidang isbat yang akan dilakukan akhir bulan Syaban. Tahun sebelumnya, sidang isbat diadakan pada 29 Syaban.

Berbeda dengan Muhammadiyah, NU dan pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan. Metode tersebut mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi melalui pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Tinggi hilal saat Matahari terbenam menurut kriteria MABIMS minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Meskipun begitu, berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Kementerian Agama, awal Ramadan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Source link

Exit mobile version