Home Kriminal Besok, Komisi B DPRD DKI panggil dinas-BUMD pangan terkait harga beras

Besok, Komisi B DPRD DKI panggil dinas-BUMD pangan terkait harga beras

0

Komisi B DPRD DKI Jakarta Memanggil Dinas dan BUMD Pangan terkait Kenaikan Harga Beras

Jakarta (ANTARA) – Komisi B DPRD DKI Jakarta memanggil dinas dan BUMD pangan pada Rabu (6/3) besok guna merespon melonjaknya harga beras yang banyak dikeluhkan masyarakat. Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, WA Ode Herlina, mengatakan pemanggilan itu dilakukan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terkait ketersediaan pangan di Jakarta.

“Besok, kami akan panggil pihak terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian, Perumda Pasar Jaya, PT Tjiptaning Food Station, Perumda Dharma Jaya terkait harga pangan yang banyak dikeluhkan masyarakat,” kata WA Ode Herlina kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

WA Ode menjelaskan bahwa Komisi B DPRD DKI Jakarta akan menjadwalkan pemanggilan dinas dan BUMD terkait pengelolaan pangan dalam rapat kerja pada Rabu (6/3) pukul 09.00 WIB. Selain masalah kenaikan harga beras, pemanggilan juga dilakukan untuk menanggapi keluhan masyarakat mengenai harga bahan pangan lainnya seperti cabai dan tomat yang semakin mahal di pasaran.

“Pembahasan akan mencakup persiapan ketahanan pangan menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” demikian diutip dari undangan rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Anggota dewan di Kebon Sirih tersebut menilai bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus segera mengamankan stabilitas harga pangan.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Suhud Alynudin, mengimbau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan untuk segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh pasar guna memeriksa stok dan harga bahan pokok.

Salah satu kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga adalah telur yang mencapai Rp31 ribu per kilogram.

“Agar harga stabil, dinas-dinas dan BUMD terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Dharma Jaya, serta Food Station harus melakukan sidak,” ujar Suhud.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengatakan bahwa pihaknya telah menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) dalam program sembako murah untuk menyediakan 2.000 paket sembako bagi warga. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu panik dalam melakukan pembelian (panic buying) karena ketersediaan pangan telah terjamin.

“Tersedia paket sembako dengan harga Rp100.000 yang berisi beras lima kilogram, minyak goreng dua liter, gula pasir satu kilogram, dan tepung terigu satu kilogram,” ujarnya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade Irma Junida
Copyright © ANTARA 2024

Source link

Exit mobile version