Home Berita Badan Geologi Menegaskan Isu Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Ruang...

Badan Geologi Menegaskan Isu Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Ruang adalah Hoaks

0

Badan Geologi menegaskan informasi bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam akibat erupsi Gunung Ruang adalah hoaks. Erupsi Gunung Ruang terjadi pada tahun 2024, dengan erupsi terbesar pada tanggal 17 April dan 30 April 2024. Setelah erupsi terakhir pada 30 April, muncul berita hoaks tentang tenggelamnya Pulau Tagulandang.

Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar dan telah meresahkan masyarakat, terutama penduduk Pulau Tagulandang. Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental, Gunung Ruang masih menunjukkan aktivitas seperti gempa letusan, gempa vulkanik, dan tremor menerus dengan intensitas yang menurun dari erupsi sebelumnya.

Wafid menegaskan agar masyarakat di sekitar Gunung Ruang tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu tentang erupsi. Masyarakat diminta untuk mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia/Website PVMBG atau menghubungi Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, atau ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Source link

Exit mobile version