Home Berita Mahfud MD Mengalami Batuk-batuk Sebelum menjalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD

Mahfud MD Mengalami Batuk-batuk Sebelum menjalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD

0

Suara.com – Bakal Calon Wakil Presiden (Bacapres) pasangan Ganjar Pranowo, Mahfud MD saat ini tengah menjalani pemeriksan kesehatan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (22/10/2023) pagi.

Sebelum diperiksa, Mahfud sempat membeberkan persiapannya.

Sebelum berangkat ke RSPAD, Mahfud mengaku sedang menjalankan puasa sejak kemarin malam. Ia menyebut hal ini merupakan syarat yang diberikan tim dokter Rumah Sakit.

“Persiapannya standar saja ya. Saya puasa sejak tadi malam sampai sekarang. Tadi malam diminta puasa sejak jam 20.00 WIB,” ujar Mahfud di rumah dinasnya, Jalan Denpasar Raya, Blok C-3 Nomor 9, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Lebih lanjut, Mahfud pun mengaku belakangan ini merasakan sakit di tenggorokannya. Namun, ia menilai hal ini terjadi lantaran sering berpidato belakangan ini dan bukan menjadi masalah berarti.

“Saya agak batuk karena sering pidato tiga hari terakhir ini. Saya sehat-sehat saja. Jadi merasa, saya sudah 66 tahun tapi seperti saudara lihat saya tidak pernah sakit, tidak pernah masuk rumah sakit dan selalu berpergian. Insyaallah sehat,” jelasnya.

Karena itu, Mahfud pun mengaku sudah siap untuk menjalani seluruh rangkaian pemeriksaan. Ia dijadwalkan tiba pukul 07.00 WIB dan selesai pemeriksaan pukul 17.00 WIB.

“Saya sudah siap. Saya juga sudah beristirahat cukup lah. Istirahatnya cukup,” pungkasnya.

Diketahui, tes kesehatan ini wajib dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam melengkapi persyaratan pendaftaran sampai penetapan calon.

Hasil tes kesehatan jasmani yang dikeluarkan RSPAD Gatot Soebroto ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi Komisi Pemilihan Umum mengenai kemampuan pasangan Capres dan Cawapres 2024.

Pasangan Capres-Cawapres dinilai harus mampu melakukan kegiatan fisik sehari-hari tanpa hambatan dan tidak memiliki penyakit yang diperkirakan akan mengakibatkan kehilangan fungsi fisik dalam 5 tahun ke depan.

Sementara tes kesehatan jiwa akan mengukur kemampuan pasangan calon dalam melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat ketika menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023). Kedatangan keduanya bertujuan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pantauan Suara.com di lokasi, terlihat Mahfud MD tiba lebih dulu sekitar pukul 07.06 WIB. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) itu terlihat mengenakan pakaian batik dan celana panjang.

Mahfud pun langsung melambaikan tangan dan mengacungkan dua jempol ke arah awak media. Terlihat sudah ada Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden (GP), Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Ditanya soal kesehatannya, Mahfud mengaku dalam kondisi sehat.

“Sehat, sehat,” ujar Mahfud sambil berjalan.

Sementara, di depan pintu masuk RSPAD sudah terdapat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasim Asyari dan jajaran komisioner. Lalu, tim dokter dari RSPAD juga langsung mengantarnya masuk.

Tak lama berselang, muncul mobil hitam yang ditumpangi Ganjar. Eks Gubernur Jawa Tengah itu terlihat memakai pakaian kaos putih polos tangan panjang. Sempat ditanya rencana lari pagi, Ganjar menjawab dengan candaan.

“Lari? Nih lari,” kata Ganjar sambil menirukan gerakan lari di tempat.

Sama dengan Mahfud, Ganjar juga langsung diterima jajaran KPU, Bawaslu, dan tim dokter RSPAD. Keduanya nanti akan kembali menyapa awak media yang menunggu di luar setelah berganti pakaian.

Exit mobile version