Home Lainnya Masyarakat Waspada: Bappebti Blokir 1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

Masyarakat Waspada: Bappebti Blokir 1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

0

Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal di 1.855 Situs Internet

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir 1.855 situs web yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal sepanjang tahun 2023. Hal ini dilakukan agar masyarakat terlindungi dan para pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi dapat memiliki kepastian hukum.

“Perdagangan aset berjangka ilegal masih sering terjadi di Indonesia melalui berbagai media, seperti media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Masyarakat harus waspada terhadap penawaran dari pihak tidak bertanggung jawab,” ungkap Plt. Kepala Bappebti Kasan.

Kasan menjelaskan bahwa Bappebti secara rutin melakukan upaya preventif dan represif untuk melindungi masyarakat dari modus penipuan dalam perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat diharapkan turut aktif melaporkan kegiatan ilegal tersebut kepada Bappebti.

“Kami berharap adanya kolaborasi antara Bappebti dan masyarakat dalam memberantas aktivitas ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi. Semakin banyak kolaborasi yang terjalin, semakin optimal pula upaya pemberantasan yang dilakukan,” jelas Kasan.

Aldison juga menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan perdagangan berjangka komoditi di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti. Jika tidak, Bappebti akan mengambil langkah hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang telah diblokir oleh Bappebti dapat dinormalisasi apabila pemilik situs tersebut berkomitmen untuk mengurus izin ke Bappebti. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan agar entitas ilegal patuh pada peraturan yang berlaku dan menciptakan persaingan usaha yang sehat.

“Pastikan legalitas perusahaan sebelum bertransaksi dan hindari penawaran yang terlalu menggiurkan. Periksa profil dan legalitas pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi dengan mengakses situs web resmi Bappebti,” pungkas Aldison.

Sumber: Bappebti Blokir 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Sumber: Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal

Exit mobile version