Home Berita Rizal Ramli dalam Pandangan Rekan Kerja, Sering Dipandang Sebagai Pembuat Kericuhan dan...

Rizal Ramli dalam Pandangan Rekan Kerja, Sering Dipandang Sebagai Pembuat Kericuhan dan Kritikus Ulung

0

Adhie Massardi Mengaku Kehilangan atas Wafatnya Mantan Menteri Rizal Ramli

Suara.com – Mantan juru bicara Presiden KH Aburrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi mengaku sangat kehilangan atas wafatnya Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli.

Menurur Adhie, tak hanya dirinya yang merasa kehilangan, namun seluruh rakyat Indonesia turut kehilangan sosok kritikus yang andal.

“Mas Rizal ini memang seperti lahir untuk berjuang dan ketika berada di dalam kabinet pun, beliau masih berjuang, dan ketika menjadi Menko Maritim misalnya, dia mengkritisi teman-temannya,” katanya, di rumah duka Rizal Ramli, Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024).

Adhie yang saat itu sama-sama berada di dalam Kabinet Gus Dur menyampaikan bahwa Rizal masih sering mengkritik dan bersikap kritis meski telah telah berada dalam pemerintahan.

Adhie sendiri pernah bertanya kepada Rizal alasannya masih sering mengkritisi, meski telah berada di dalam pemerintahan.

“Jawaban Mas Rizal adalah ‘ketika saya di luar saya mengkritisi pemerintahan, ketika di dalam (pemerintahan), ketika ada penyimpangan-penyimpangan masa saya diam’,” katanya meniru ucapan Rizal.

Pembuat Kegaduhan

Adhie mengatakan, perlu adanya sosok Rizal Ramli di pemerintahan yang kerap dianggap sebagai pembuat kegaduhan.

Ia beranggapan bahwa kritik yang disampaikan Rizal justru telah menyelamatkan keuangan negara. Seperti kritiknya pada Maskapai Garuda Indonesia yang berencana membeli pesawat jumbo hingga akhirnya batal.

“Kemudian pembangunan listrik yang 35 ribu watt itu dianggap tidak masuk akal dan dianggap ada perubahan-perubahan kebijakan,” ungkapnya.

“Mas Rizal ini di luar maupun di dalam (pemerintahan) tetap kritis sehingga sekarang Indonesia kehilangan tokoh yang mengkritisi siapa saja,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Staf Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, mengatakan almarhum meninggal setelah hampir sebulan menjalani perawatan di RSCM.

“Satu bulan terakhir di RSCM, beliau melawan sakitnya. Tuhan punya kehendak lain,” ujar Yosef kepada Suara.com.

Kabar duka meninggalnya Rizal Ramli sebelumnya beredar di grup WhatsApp kalangan wartawan. Berikut isi pesannya:

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” tulisnya seperti dikutip.

“Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” lanjutnya.

Dalam pesan tersebut juga menerangkan keluarga yang berduka, yakni anak Rizal Ramli, Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipp Satria Ramli, Daisy Orang Ramli, serta dua orang cucu yakni Anabel Asmara Ramli dan Anakin Lazuardi Ramli, dan menantu yang ditinggalkan Fandra Febriand, Dina Arumsari, Daniel Kirschen.

Exit mobile version