Home Berita Petugas Damkar Jelaskan Situasi Terkini Blok M Square yang Terbakar

Petugas Damkar Jelaskan Situasi Terkini Blok M Square yang Terbakar

0

Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Triyanto menyebut kebakaran di Blok M Square, Jakarta Selatan kini sudah ditangani oleh petugas. Ia pun memastikan situasi saat ini sudah aman sepenuhnya.

Petugas disebutnya sempat melakukan overhaul alias penyisiran lokasi kebakaran untuk menemukan titik-titik api yang tersembunyi di tempat kejadian. Pihaknya akan menelusuri semua lantai mal untuk memastikan tak ada lagi potensi kobaran api.

“Jadi saya pastikan kondisi sudah aman, masih di tahap overhaul. Saya katakan nanti ada penyebaran di setiap lantai. Tadi teman-teman jebol semua dan dipastikan kondisi aman,” ujar Triyanto di lokasi, Senin (18/12/2023).

Triyanto menjelaskan, api awalnya berasal dari shaft atau lubang pipa yang menghubungkan lantai-lantai bangunan di lantai satu. Kemudian api merambat dari hingga ke lantai empat.

“Jadi dari shaft kabel merambat sampai ke lantai 4. Jadi saya pastikan tadi saya naik dengan teman-teman tim. Dari lantai 5-7 shaft itu aman,” ucapnya.

Proses pemadaman sendiri berlangsung sekitar 2 jam sejak pukul 17.00 WIB. Awalnya petugas menggunakan APAR, tapi karena asap yang tebal di dalam gedung pemadaman diganti memakai hidran.

Kita pertama tadi menggunakan hidran dari gedung. Namun sekian menit hidran gedung abis, diambil alih oleh mobil dri damkar, dengan melalui siamese connection. Kita pemadaman melalui atas. Jadi kita melalui gravitasi,” jelasnya.

Dugaan penyebab kebakaran saat ini adalah korsleting listrik yang memicu percikan api. Namun, belum diketahui apa yang menyebabkan korsleting ini terjadi.

“Masih dalam tahap penyidikan. Biar pihak kepolisian yg tentukan. Kemungkinan-kemungkinan apa saja bisa terjadi. Namun nanti yang lebih kepentingan dari labfor (laboratorium forensik),” pungkasnya.

Exit mobile version