23.7 C
New York

Aksi Teror Bom di Koja Trade Mall Dilakukan Enam Pelajar SMA dengan Memiliki Noordin M Top

Published:

Pusat Perbelanjaan Koja Trade Mall (KTM), Jakarta Utara mendapat ancaman bom dari pihak yang mengatasnamakan Noordin Muhammad Top atau Noordin M Top. Ancaman itu beredar di media sosial Instagram.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, mengatakan pihaknya langsung mendatangi lokasi tersebut usai mendapat informasi.

“Jad Kapolsek dapat laporan ada ancaman bom, kemudian sesuai dengan SOP-nya kalau namanya ancaman tetap didatangkan terhadap obyek itu, nah dan sudah dilakukan pemeriksaan, dan nihil, tidak ada indikasi,” ujar Gidion saat dikonfirmasi awak media, Kamis (2/11/2023).

Pihak kepolisian kemudian menyelidiki ancaman yang datang dari sosial media tersebut. Setelah diselidiki, ancaman tersebut datang dari enam siswa SMA, yang saling share pesan tersebut.

“Kemudian ditelusuri dari pesan medsosnya itu yang ditaruh di IG (Instagram), nah didapatkan lah enam orang. Enam orang itu anak SMA, di salah satu SMA,” katanya.

“Mereka ternyata saling ngeshare di antara mereka yang isinya ancaman tadi yang mengatas namakan Noordin M Top,” Gidion menambahkan.

Berdasarkan hasil pengakuan para pelaku, hal ini dilakukan hanya untuk sekedar candaan atau guyonan.

Dari keenam orang yang diamankan pihak kepolisian, satu di antaran merupakan wanita.

“Ada perempuan satu, bukan semuanya pelaku ya. Kami amankan enam orang itu, ceritanya biar jelas, awalnya satu saja si FA, tapi ya tidak ada indikasi (bom),” tutup Gidion.

Diketahui, Noordin Muhammad Top atau Noordin M Top merupakan gembong teroris asal Malaysia. Buronan yang saat itu dicari-cari keberadaannya itu tewas dalam penyergapan di Solo, Jawa Tengah, pada 17 September 2009.

Noordin M Top jadi salah satu korban tewas dalam penggerebekan tim Detasemen Khusus 88 di Mojo Songo, Kecamatan Jebres, Solo.

Polri saat itu menyampaikan keberhasilan Densus 88 melumpuhkan empat teroris dalam penggerebekan Kamis pagi itu merupakan berkah bagi bangsa Indonesia.

Related articles

Recent articles