25.5 C
New York

Pelemparan Ibu-ibu yang Mencari Perlindungan oleh Satpam Viral Sebelum Aksi Bela Palestina di Masjid Istiqlal: Kesalahpahaman

Published:

Sekelompok emak-emak terlibat cekcok mulut oleh petugas kemananan Masjid Istiqlal, lantaran ingin berteduh di pelataran masjid. Peristiwa itu viral setelah videonya beredar di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @fakta.negeri.

Dalam unggahan video itu, seorang emak-emak terlibat adu mulut dengan satpam di Masjid Istiqlal lantaran dianggap telah mengusirnya. Tampak dalam video tersebut kondisinya sedang hujan deras.

“Kita mau berjuang ke Palestina, tapi di Masjid Istiqlal diusir, sama penjaganya yang namanya satpam,” kata seorang emak yang mengambil video, dikutip Senin (6/11/2023).

Berdasar narasi video itu, cekcok mulut emak-emak dengan satpam Masjid Istiqlal itu terjadi pada Sabtu (4/11/2023) malam. Emak-emak dalam video itu diduga jemaaah yang ingin menginap untuk mengikuti aksi bela Palestina yang digelar di kawasan Silang Monas, Minggu (5/11) kemarin.

Humas dan Protokoler, Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu angkat bicara terkait video emak-emak yang mengaku-ngaku diusir oleh satpam saat hendak bermalam di masjid tersebut.

Terkait hal itu, Ismail mengatakan, peristiwa itu hanyalah salah paham antara para jemaah dan satpam.

“Tidak ada (pengusiran), itu hanya salah paham saja. Sudah dipanggil keamanan yang bertugas,” kata Ismail, saat dikonfirmasi, Senin (6/11/2023).

Ismail menyampaikan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Sementara jam operasional Masjid Istiqlal sendiri, mulai pukul 03.00-22.00 WIB.

Selepas pukul 22.00 WIB, pihak pengelola Masjid Istiqlal melakukan pembersihan dan penyedotan Karpet di lantai utama. Selain itu, pembersihan juga dilakukan di seluruh koridor masjid, toilet dan tempat wudu.

“Sehingga, pada jam-jam tersebut, lokasi diharapkan steril sehingga petugas leluasa melakukan kegiatan pemeliharaan dan pembersihan,” jelas Ismail.

Ismail menambahkan, saat itu juga sedang ada pengerjaan yang menggunakan alat berat untuk membersihkan seluruh polar masjid.

Sebanyak 12 pilar besar yang berada di lantai utama saat iti dibersihkan menggunakan alat berat.

“Sehingga jemaah diminta tidak berada di lokasi dikhawatirkan terjadi kecelakaan,”ucapnya.

Selepas pukul 03.00 WIB, saat masjid kembali beroperasional, kata Ismail, tidak sedikit peserta alsi bela Palestina yang ikut berjamaah salat subuh di Masjid Istiqlal.

“Jamaah yang akan mengikuti acara Bela Palestina berdatangan ke Istiqlal untuk melaksanakan sholat subuh dan semua berjalan tertib.

Sebelum aksi damai tentang dukungan Palestina, pihaknya sudah banyak menemui masyarakat yang ingin bermalam di Masjid Istiqlal. Namun, karena kemarin bertepatan dengan aksi bela Palestina sehingga video tersebut menjadi viral.

“Sebenarnya sering kejadian seperti itu (ingin menginap), namun mungkin yang ini karena ada moment aksi Palestina,” jelasnya.

Ismail mengatakan, dari hasil informasi pihaknya. Diduga orang yang berbicara di dalam video merupakan orang yang memang sering mampir ke Masjid Istiqlal untuk bermalam.

“Sementara infonya, yang berbicara di video memang sering mampir,” tandas Ismail.

Related articles

Recent articles