18.7 C
New York

Potensi banjir rob mengancam sejumlah pesisir selama Lebaran 2024: Waspadalah!

Published:

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia selama periode libur Lebaran hingga 14 April 2024. Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, menjelaskan bahwa banjir rob dipicu oleh fenomena Fase Bulan Baru disertai Perigee pada tanggal 9 April 2024 yang dapat meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Beberapa wilayah pesisir Indonesia yang berpotensi mengalami banjir pesisir antara lain Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Lampung, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir NTT, Pesisir Sulawesi Tenggara, dan Pesisir Maluku. Eko juga menjelaskan bahwa potensi banjir pesisir ini dapat terjadi pada waktu yang berbeda di setiap wilayah dan dapat berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga menghadapi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan informasi cuaca maritim terbaru dari BMKG. Berikut adalah lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir pesisir atau rob selama periode 6 hingga 14 April 2024:

1. Pesisir Sumatera Utara
– Pesisir Belawan dan sekitarnya, 6-13 April 2024

2. Pesisir Lampung
– Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, Pesisir timur Lampung, dan Pesisir barat lampung, 10-14 April 2024

Source link

Related articles

Recent articles