8.8 C
New York

BMKG Minta Masyarakat Waspada karena Diprediksi Hujan Lebat di 22 Provinsi Hari Ini

Published:

BMKG mengingatkan masyarakat tentang potensi hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang di beberapa provinsi di Indonesia pada hari Minggu (19/11/2023).

Provinsi-provinsi yang memiliki potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut mencakup Aceh, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku Utara. Selain itu, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang sama.

Puncak musim hujan Indonesia diprakirakan pada Januari dan Februari 2024, sementara wilayah Jakarta dan sekitarnya telah memasuki musim hujan pada November 2023. Oleh karena itu, masyarakat serta pejabat terkait diimbau untuk mengantisipasi sejumlah potensi dampak musim hujan.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Hartanto mengatakan bahwa potensi bencana dari musim hujan tidak terpaku pada satu jenis bencana, melainkan dapat bersamaan seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, perlu adanya kewaspadaan dan antisipasi dari masyarakat dan pihak terkait.

Related articles

Recent articles