24.9 C
New York

Sosok Agus Joko Pramono, Doktor Unpad dan Eks Wakil Ketua BPK yang Lulus Tes Asesmen Capim KPK

Published:

Agus Joko Pramono: Doktor Unpad dan Mantan Wakil Ketua BPK yang Melaju ke Puncak Capim KPK

TRIBUNJABAR.ID – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 mengumumkan 20 nama calon pimpinan dan 20 calon dewan pengawas yang telah lolos tahap tes asesmen.

Hal itu diumumkan Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh di Lobby Gedung Utama, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024). Proses tes asesmen dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2024 diikuti 40 orang calon pimpinan dan 40 orang calon dewan pengawas KPK.

“Dari jumlah peserta profile assessment tersebut yang dinyatakan lulus masing-masing untuk capim ada 20 orang dan dewas ada 20 calon,” kata Ateh, dilansir Kompas.com.

Peserta yang dinyatakan lulus wajib mengikuti tahap seleksi berikutnya berupa wawancara dan tes kesehatan jasmani dan rohani. Wawancara dan tes kesehatan calon pimpinan akan dilaksanakan pada 17 dan 18 September 2024, sedangkan untuk calon dewan pengawas pelaksanaannya dijadwalkan pada 19 dan 20 September 2024.

Dari 20 nama calon pimpinan yang diumumkan, nama-nama tersebut memiliki latar belakang polisi, jaksa, maupun politisi, namun ada dua nama yang memiliki rekam jejak sebagai auditor di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Salah satunya adalah Agus Joko Pramono yang menjabat sebagai Wakil Ketua BPK periode 2019-2023.

Karir Agus di BPK sendiri sudah sangat panjang. Sebelum menjadi Wakil Ketua BPK, Agus pernah menjadi Anggota II dan III, serta sebagai Tenaga Ahli di bidang BUMN/BUMD.

Agus sendiri memiliki latar keilmuan di bidang akuntansi dan hukum. Agus merupakan Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran dan Magister Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada. Pendidikan non-formalnya antara lain program kepemimpinan di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat.

Komitmen Agus dalam mengembangkan tata kelola yang baik dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia menjadi salah satu modal ke depan di KPK. Komitmen tersebut didukung oleh prestasi-prestasi Agus di masa lalu. Menariknya, komitmen Agus tersebut tidak hanya ditunjukkan dalam kinerja di lembaga-lembaga, termasuk BPK, namun juga di level internasional.

Tahun 2019, Agus memimpin delegasi Indonesia dalam General Assembly ke-31 International Maritime Organization (IMO). Di tahun yang sama, Agus menjadi pembicara di United Nations High Level Political Forum (UNHLPF) di New York dan di acara The 3rd South East Asia Forum on Implementation of the Sustainable Development Goals di Bangkok, serta UNDESA IDI Joint Meeting on SAI Contributions to the 2030 Agenda di New York.

Pada bulan Juni 2020, Agus menerima penghargaan Distinguished Achievement Award dari Association of Certified Fraud Examiners (ACFE), organisasi anti-fraud terbesar di dunia. Penghargaan ini diberikan kepada Agus atas dedikasinya dalam upaya pencegahan fraud dan penguatan transparansi di Indonesia. Penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian yang semakin mengukuhkan reputasinya sebagai pejabat publik yang berintegritas tinggi.

Pencapaian-pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kapasitas Agus dalam bidang audit dan pengelolaan keuangan, tetapi juga kemampuannya untuk berkontribusi secara signifikan di panggung internasional.

Kepemimpinan Agus Joko Pramono di BPK telah membawa lembaga tersebut menjadi lebih kredibel dan efektif dalam menjalankan fungsi pengawasan keuangan negara. Di bawah pengawasannya, BPK tidak hanya sekadar menjalankan tugas audit, tetapi juga berperan sebagai benteng integritas dalam memastikan bahwa penggunaan anggaran negara dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntabilitas dan kepentingan publik.

Dilansir dari lembar pengumuman Pansel KPK, berikut ini daftar nama peserta calon pimpinan KPK 2024-2029 yang dinyatakan lulus tes asesmen:

1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Didik Agung Widjanarko
4. Djoko Poerwanto
5. Fitroh Rohcahyanto
6. Harli Siregar
7. I Nyoman Wara
8. Ibnu Basuki Widodo
9. Ida Budhiati
10. Johan Budi Sapto Pribowo
11. Johanis Tanak
12. Michael Rolandi Cesnanta Brata
13. Muhammad Yusuf
14. Pahala Nainggolan
15. Poengky Indarti
16. Sang Made Mahendrajaya
17. Setyo Budiyanto
18. Sugeng Purnomo
19. Wawan Wardiana
20. Yanuar Nugroho

Editor: Muhamad Syarif Abdussalam

Sumber: https://jabar.tribunnews.com/2024/09/12/sosok-agus-joko-pramono-doktor-unpad-dan-eks-wakil-ketua-bpk-yang-lulus-tes-asesmen-capim-kpk

Source link

Related articles

Recent articles