27.9 C
New York

Dua Pangdam yang Bertugas di Tanah Papua, Keduanya merupakan Pasukan Elite TNI AD

Published:

loading…

Mayjen TNI Izak Pangemanan, Pangdam XVII/Cenderawasih, melakukan kunjungan ke Satgas Yonif 753/AVT di Nabire, Papua pada 16 November 2023. Pangdam adalah singkatan dari Panglima Komando Daerah Militer yang bertugas memimpin Kodam, komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI AD. Pangdam berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI) atau jenderal bintang 2.

Di wilayah Papua, terdapat dua Pangdam, yaitu Pangdam XVII/Cenderawasih dan Pangdam XVIII/Kasuari. Mayjen TNI Izak Pangemanan adalah Pangdam XVII/Cenderawasih yang mulai menjabat sejak 26 April 2023. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam XVII/Cenderawasih) pada periode 2015-2017.

Izak Pangemanan merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990 dengan kecabangan Korps Perhubungan dan kemudian Infanteri (Kopassus). Dia telah mengemban berbagai jabatan strategis di berbagai daerah di Indonesia, termasuk pernah terlibat dalam operasi di Papua.

Selain itu, Mayjen TNI Haryanto, SIP, M.Tr.(Han) juga merupakan seorang Pangdam yang bertugas di tanah Papua. Dia menjabat di Kodam Kasuari.

Source link

Related articles

Recent articles