9.1 C
New York

Gus Menelusuri Dapur dan Membawa Pulang 70 Ton Bumbu Indonesia

Published:

Sebanyak 70 ton bumbu dari 8 jenis bumbu khusus telah didatangkan dari Indonesia untuk diolah menjadi menu makanan jemaah haji Indonesia pada musim Haji 2024. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah meninjau kesiapan dapur penyedia katering jemaah haji di Makkah hari ini. Dapur yang dikunjungi adalah Rayat Al Motahedon di Al Syawqiyah, yang akan menyediakan katering untuk 4.065 jemaah per hari.

Selain memeriksa sarana memasak, dalam kunjungan ini, Gus Men juga memeriksa kesiapan bahan makanan, proses kerja dapur, sanitasi, dan tempat penyimpanan bahan makanan. Gus Men juga berdialog dengan chef dan asisten chef yang berasal dari Banjarmasin dan Bandung. Setiap dapur harus memiliki minimal dua chef dan empat asisten chef asal Indonesia.

Penggunaan produk bumbu Indonesia juga menjadi perhatian Gus Men, dimana lebih dari 70 ton bumbu telah didatangkan dari Indonesia untuk memenuhi total kebutuhan lebih dari 200 ton. Gus Men berharap tahun depan bisa menggunakan bumbu dari Indonesia secara penuh agar cita rasa makanan tidak jauh berbeda.

Delapan jenis bumbu yang didatangkan dari Indonesia antara lain rendang, gulai, nasi kuning, nasi uduk, semur, sambel goreng, bumbu merah, dan bumbu dasar kuning. Tahun ini, terdapat 57 dapur di Makkah dan 21 dapur di Madinah yang akan menyediakan katering bagi jemaah haji Indonesia.

Menteri Agama dijadwalkan akan berada di Saudi hingga 10 Mei 2024. Selanjutnya, Menag akan melakukan kunjungan kerja untuk melihat kesiapan dapur penyedia katering dan hotel jemaah di Madinah.

Source link

Related articles

Recent articles