22.9 C
New York

Sudin SDA Jakbar kuras saluran sepanjang 400 meter di Kalideres

Published:

Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat sedang menguras saluran sepanjang 400 meter dengan lebar 70 sentimeter (cm) dan tinggi 80 cm di Tegal Alur, Kalideres, untuk mencegah banjir di sekitarnya, pada hari Rabu.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan bahwa pengurasan ini telah dimulai sejak awal bulan Ramadhan 2024.

“Pengurasan ini dilakukan atas permintaan warga melalui Musrenbang 2023, saluran sudah dangkal, air hampir menutupi bibir beton saluran,” kata Purwanti saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

Mereka mengerahkan 13 personel dan menggunakan cangkul untuk menguras lumpur dari saluran.

Purwanti menjelaskan bahwa daerah tersebut sering tergenang air saat hujan karena saluran air menjadi dangkal akibat lumpur yang mengendap.

“Dengan menguras lumpur, diharapkan saluran air dapat menampung lebih banyak air dan alirannya lancar ke Kali Semongol,” ujar Purwanti.

Pengurasan saluran tersebut diharapkan selesai dalam minggu ini.

“Pengerjaannya sudah mencapai 98 persen, targetnya selesai dalam minggu ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT 08 RW 03 Kelurahan Tegal Alur, Ismail, juga mengonfirmasi bahwa air selalu tergenang saat hujan. Dia berharap saluran air tersebut dapat menampung air saat hujan.

“Selama ini saluran sudah dangkal. Lumpur sudah tebal, jadi saat hujan, saluran akan meluap dan jalanan tergenang. Dengan pengurasan ini diharapkan genangan air dapat berkurang,” katanya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024

Source link

Related articles

Recent articles