23.2 C
New York

Rekomendasi 36 Tempat Wisata di Indonesia

Published:

Banyak yang mengatakan bahwa Indonesia adalah surga di dunia. Ini bukan tanpa alasan karena negeri ini memiliki banyak potensi wisata yang ternyata sudah mendunia. Mulai dari gunung, pantai, savana, hingga wisata bawah laut semuanya ada di Indonesia. Bahkan tak sedikit tempat wisata di Indonesia masuk dalam situs warisan budaya Unesco. Oleh karena itu, Indonesia layak berbangga dengan hal tersebut. Mari kita kenali lebih dalam potensi tempat wisata di Indonesia.

Ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO. Di antaranya adalah Taman Nasional Komodo, Candi Borobudur, Taman Nasional Ujung Kulon, Candi Prambanan, Taman Nasional Lorentz, Sangiran, Lanskap Budaya Provinsi Bali, dan Hutan Hujan Tropis Sumatera.

Taman Nasional Komodo terletak di Kepulauan Sumbawa, Nusa Tenggara Timur dan merupakan tempat satu-satunya di dunia yang dihuni oleh spesies komodo. Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, merupakan monumen Buddha terbesar di dunia, sedangkan Taman Nasional Ujung Kulon terdapat habitat dari badak bercula satu, yang merupakan spesies langka. Candi Prambanan yang menjadi pusat penyelenggaraan acara keagamaan bagi umat Buddha, juga masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO.

Taman Nasional Lorentz, Sangiran, Lanskap Budaya Provinsi Bali, dan Hutan Hujan Tropis Sumatera juga merupakan tempat wisata yang masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO. Di antaranya, Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan lindung yang paling besar se-Asia Tenggara dan satu-satunya tempat dimana salju dapat ditemukan di Indonesia yang notabene merupakan negara tropis.

Selain itu, Indonesia juga memiliki sederet destinasi wisata yang sangat mirip dengan destinasi wisata luar negeri. Salah satu contohnya adalah Pasar Apung Kalimantan, yang merupakan spot wisata unik di Kalimantan dengan pemandangan kapal yang menjajakan dagangan mereka di sungai Barito, Banjarmasin Utara.

Dengan banyaknya potensi wisata yang mengagumkan, tidak heran jika Indonesia sudah mendunia dan menjadi tujuan favorit wisatawan local dan mancanegara. Oleh karena itu, marilah kita lestarikan kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia ini.

Source link

Related articles

Recent articles