11.4 C
New York

Alvin Lim Menuduh Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Sel, Ini Bantahan dari Kalapas Salemba

Published:

Kalapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat, membantah pernyataan Alvin Lim yang menuding Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di sel Lapas Kelas IIA Salemba. Ferdy Sambo adalah salah satu terpidana kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J.

Beni mengungkap Ferdy Sambo sejak tanggal 24 hingga 29 Agustus 2023 telah menjalani masa pengenalan lingkungan atau Mapenaling di Lapas Kelas IIA Salemba. Namun kemudian dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cibinong.

“Pernyataan (Alvin Lim) itu jelas tidak benar dan tak mendasar,” kata Beni kepada wartawan, Kamis (4/1/2023).

Selama menjalani Mapenaling, Beni menyebut Ferdy Sambo ditempatkan di blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1. Bukan di ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) sebagaimana yang ditudingkan Alvin Lim.

“Kami menyayangkan tuduhan bahwa Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba karena itu tuduhan yang ngawur. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo ditempatkan di Blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1. Kami ada dokumentasinya semua,” ungkap Beni.

Beni membeberkan saat Ferdy Sambo menjalani Mapenaling hingga akhirnya dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cibinong, Alvin tidak ada di Lapas Kelas IIA Salemba.

“Alvin kan tidak ada karena sedang menjalani perawatan medis di RSU terhitung mulai tanggal 16 April 2023 hingga 29 September 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut, Beni juga meluruskan terkait tudingan Alvin Lim terhadap Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E yang disebut hanya foto-foto di Lapas Kelas IIA Salemba.

“Richard Eliezer diterima di Lapas Salemba pada tanggal 27 Februari 2023, namun berdasarkan surat dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) perihal permohonan penempatan terpidana dan rekomendasi hak memperoleh penghargaan sebagai saksi pelaku (justice collaborator) yang bersangkutan kemudian ditempatkan di Rutan Bareskrim POLRI,” bebernya.

Pernyataan Alvin Lim terkait Ferdy Sambo yang dituding tidak pernah ditahan di dalam sel Lapas Kelas IIA Salemba ini sebelumnya diungkap dalam podcast yang diunggah di akun YouTube Dokter Richard Lee.

“Dia tidak pernah ditahan di lapas Salemba pak. Namanya doang di situ. Saya kan di lapas Salemba Pak. Saya ini di lapas Salemba bebas pak, mohon maaf,” ujar Alvin.

Richard Lee yang penasaran lantas bertanya kepada Alvin Lim.

“Jadi di mana?” tanyanya.

“Di kantor KPLP di atas. Gedung ruang ada AC. Namanya doang di situ,” ujar Alvin Lim.

Selain itu, Alvin Lim juga menyebut Richard Eliezer tidak pernah ditahan di Lapas Kelas IIA Salemba. Melainkan hanya sekadar foto-foto.

“Eliezer cuma datang nama doang disitu, abis foto-foto dikirim balik lagi ke Mabes. Kaga ada di situ, cuma biar dapat Rolnya saja di situ. Saya tahu semua pak,” pungkasnya.

Related articles

Recent articles