25.5 C
New York

Jokowi Memastikan Menantu Luhut Masuk Daftar Kandidat KASAD, Keputusan akan Diambil Pekan Depan

Published:

Presiden Joko Widodo menyatakan bakal memutuskan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) pada pekan depan. Meski demikian sejumlah pengamat menilai Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, yang juga menantu Luhut Binsar Pandjaitan, adalah calon terkuat.

Jokowi, saat ditemui dalam perayaan Hari Guru Nasional di Jakarta, Sabtu (25/11/2023) mengatakan pekan depan memutuskan pengisi jabatan Kasad yang ditinggalkan oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang kini dipromosikan jadi Panglima TNI.

“Saat ditanya apakah Maruli Simanjuntak merupakan salah satu kandidat Kasad, Presiden membenarkan.”

“Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dijumpai di tempat yang sama secara terpisah menyampaikan bahwa Presiden tentu akan menunjuk sosok Kasad yang memenuhi syarat.”

“Sebelumnya Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan selama posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) belum terisi maka tugas-tugasnya akan dijalankan oleh Wakil Kasad TNI.”

“Posisi Kasad TNI saat ini masih kosong setelah Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (22/11).”

Dua pengamat militer menilai Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak masih menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi KASAD. Walaupun demikian, mereka menilai secara normatif, ada 15 perwira tinggi TNI AD bintang tiga yang berpotensi mengisi jabatan tertinggi di TNI AD selepas ditinggalkan oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini mengemban tugas sebagai Panglima TNI.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas di Jakarta, Jumat (24/11/2023), menyebut ada dua kandidat kuat yang dapat mengisi posisi Kasad, yaitu Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Sementara itu, pengamat militer Alman Helvas Ali menilai kandidat terkuat Kasad diisi oleh Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Faktor kedekatan dan pernah bekerja langsung dengan Presiden tampaknya menjadi pertimbangan utama untuk menduduki jabatan-jabatan tertentu di TNI. Namun, faktor itu, agaknya belum berlaku untuk jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Keduanya sama-sama memiliki riwayat penugasan yang beragam, serta telah mengikuti semua jenjang pendidikan pengembangan seperti Sesko TNI AD, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Related articles

Recent articles