25.5 C
New York

Ditawan di Gaza, Meninggal Akibat Serangan Panik Akibat Tindakan Brutal dari Negara Sendiri

Published:

Sebuah video dokumentasi baru-baru ini mengungkap akhir hayat seorang pria lanjut usia bernama Aryeh Zalmanovich dari Israel.

Dilihat di unggahan akun X @QudsNen, tampak seorang pria lanjut usia dengan tubuh kurus kering terbaring tak berdaya. Tulang-tulang rusuknya terlihat, sementara sejumlah kabel menempel di tubuhnya dan tersambung ke sebuah alat medis.

“(Media) perlawanan hari ini menerbitkan sebuah video mendokumentasikan kematian seorang tahanan Israel di #Gaza, yang diidentifikasi sebagai Aryeh Zalmanovich,” begitulah caption unggahan akun @QudsNen, dikutip pada Sabtu (18/11/2023).

Diungkap lebih jauh, Zalmanovich adalah warga Israel yang kemudian disandera di Gaza, Palestina hingga akhir hayatnya. Usut punya usut, Zalmanovich ternyata meninggal dunia akibat mengalami serangan panik.

“Aryeh Zalmanovich diidentifikasi meninggal akibat serangan panik yang disebabkan oleh bombardir brutal oleh Israel di Jalur Gaza,” ungkap @QudsNen lebih lanjut.

Namun yang menjadi sorotan adalah latar belakang Zalmanovich yang ternyata pernah berperan dalam upaya merebut paksa tanah milik rakyat Palestina di masa lalu. Bahkan akun X tersebut juga membagikan foto lawas Zalmanovich bersama sejumlah rekannya yang diambil pada tahun 1957.

“Zalmanovich merupakan salah satu pendiri pemukiman Nir Oz, yang dibangun setelah dilakukan pembersihan etnis terhadap suku-suku asli Tarabin dan mengosongkan tanah mereka di Bir Al Saba di Palestina selatan,” tulis @QudsNen.

Nir Oz merupakan salah satu wilayah yang cukup dekat dengan perbatasan Jalur Gaza. Bila merujuk pada penjelasan akun ini, maka pemukiman Nir Oz dibangun setelah sejumlah pihak Israel menduduki paksa wilayah tersebut serta mengusir orang-orang Palestina yang semula bermukim di sana.

Karena itulah, warganet terlihat beramai-ramai menuding Zalmahovich menuai karma atas perbuatannya terdahulu.

“Anda akan meninggal seperti bagaimana Anda hidup selama ini,” komentar warganet.

“Karma,” kata warganet.

“Cara meninggal yang paling pas sih. Ketakutan sampai mati akibat sesuatu yang dulu dia lakukan,” timpal yang lainnya.

Related articles

Recent articles