18.7 C
New York

Boikot Produk Israel Tidak Efektif dalam Menghentikan Kekejaman di Palestina, Jusuf Kalla Mengajukan Jokowi untuk Menguatkan Diplomasi Kemanusiaan.

Published:

Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK), menilai aksi boikot terhadap produk Israel tidak efektif menghentikan agresi di Gaza, Palestina. Sebab produk Israel menurutnya tidak ada yang masuk ke Indonesia.

“Tak mempan, apa sih apa yang diboikot, Israel barangnya juga tidak ada yang masuk, masuk itu dari negara lain,” kata JK saat ditemui Suara.com usai acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

JK lantas menyebut, salah satu cara yang mungkin bisa menghentikan agresi ialah dengan mengajak negara-negara di seluruh dunia bersatu atas nama kemanusiaan.

“Pertama ke persatuan dari seluruh dunia atas nama kemanusiaan ya, kan kalau politik tidak bisa ini. Harus kemanusiaan bersama-sama,” ujarnya.

Atas hal itu, JK menyarankan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk gencar melakukan diplomasi kemanusiaan.

“Harus melancarkan diplomasi kemanusiaan besar-besaran ini,” tuturnya.

Perintah Jokowi

Muhadjir sebelumnya mengatakan kehadirannya bersama Menlu dan Menag dalam acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina atas perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Saya hadir mewakili pemerintah Republik Indonesia, ditugaskan oleh bapak presiden, bertiga, tidak main-main, Menko PMK, Menteri Puar Negeri, dan Menteri Agama. Apa artinya? Artinya kita semua jangan ragu dengan sikap pemerintah Indonesia, kita akan dukung Palestina dengan seluruh kekuatan kita sampai palestina merdeka. Allahu akbar,” tutur Muhadjir.

Setelah menjelaskan maksud kedatangannya, Muhadjir kemudian mengajak massa aksi yang hadir bersholawat. Ia berharap sholawat tersebut dapat memperkuat doa agar rakyat Palestina dapat terlepas dari penderitaannya.

“Manfaat sholawat bisa memperkuat doa kita agar doa-doa kita, seluruh rakyat Indonesia terutama yang 2 juta hadir di Monas ini dikabulkan oleh Allah segera, agar rakyat Palestina terlepas dari penderitaan yang berkepanjangan,” katanya.

Selain Muhadjir, Yaqut dan Retno acara bela Pelestina ini juga turut dihadiri calon presiden atau capres Anies Baswedan. Kemudian juga hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Related articles

Recent articles